Komposisi dalam Drumband

Ternyata masih banyak drumband-drumband terutama yang berada di daerah, yang kurang memperhatikan soal komposisi alat untuk sebuah unit drumband yang cocok atau ideal.

Memang secara aturan tertulis tidak pernah ada pembahasan tentang komposisi alat pada sebuah unit drumband. Tapi tentunya ini harus juga kita perhatikan, sehingga kualitas drumband menjadi lebih baik dan orang lain yang mendengarkan merasa terhibur dengan musik yang dimainkan oleh drumband.

Ada sedikit pandangan yang salah tentang drumband terutama didaerah, bahwa menurut pendapat mereka drumband itu haruslah menghasilkan suara yang sangat keras, banyak alat pukulnya, dan tidak perlu alat musik atau bahkan juga pemain CG.

Ada komposisi yang seperti ini : snaredrum 12, tenordrum 12, Bass drum 2, cymbal 2. Sedangkan untuk musik, hanya mengandalkan Bellyra medium sebanyak 2 buah saja.

Menurut saya, jelas komposisi tadi adalah komposisi yang salah, tidak beraturan dan sangat tidak layak untuk digunakan dalam suatu penampilan atau bahkan hanya untuk parade saja.

Sebetulnya penentuan komposisi untuk suatu unit drumband, itu tergantung dari konsep yang diusung oleh pelatihnya. Bila menurut pelatih dirasakan perlu adanya komposisi unit drumband yang lengkap, maka perlu diadakan beberapa perubahan mendasar tentang alat drumband yang akan digunakan.

Tetapi bila menurut pelatih, dirasakan komposisi yang ada saat ini sudah lebih dari cukup, mengingat para pemain yang masih terlalu sedikit, maka tidak perlu dilengkapi dengan komposisi yang lebih baik lagi.

Secara umum, alat yang digunakan untuk drumband berdasarkan dari cara pakainya, hanya ada dua jenis yaitu alat yang dipakai dengan cara dipukul untuk menghasilkan suaranya.

Dan satunya lagi alat yang ditiup untuk menghasilkan suaranya. Hanya terdiri dari dua jenis inilah maka kita bisa menyusun komposisi alat disesuaikan dengan jumlah pemain yang ada.

Bila jumlah pemain kita ada lebih dari 100 orang, maka komposisinya bisa kita pilih seperti ini ;

  • Snare drum 12 buah
  • Quarttom 4 buah
  • Bass drum 5 buah
  • Cymbal 4 buah
  • Bellyra 8 buah
  • Marchingbell 8 buah
  • Trompet 12 buah
  • Mellophone 6 buah
  • Baritone 4 buah
  • Tuba 4 buah
  • Flugel 4 buah
  • Dan sisanya adalah pemain CG

Komposisi diatas tadi belumlah sepenuhnya lengkap, karena masih ada unsur alat berat yang tidak dimasukan dalam komposisi tadi. Unsur alat berat ini adalah Pits Instrument.

Tapi karena saya biasa menangani tim junior, maka saya pernah membuat komposisi unit drumband junior sebagai berikut ;

  • Snare drum 8 buah
  • Bass drum 4 buah
  • Trio Tom 2 buah
  • cymbal 4 buah
  • Glockenspiel 8 buah
  • Pianika 45 buah
  • CG 20 orang

Komposisi terakhir tadi, menurut saya adalah yang paling cocok. Karena dalam komposisi ini, alat musik sudah terwakili oleh setengah dari jumlah pemain, yaitu 45 pianika di tambah 8 glockenspiel

Sehingga suara yang dihasilkanpun akan terlihat dominan. Tetapi unsur perkusi tetap ada, karena suara perkusi juga tidak terlalu sedikit.

Selain itu dengan komposisi seperti ini, maka saya bebas berkreasi melakukan berbagai perubahan formasi untuk display. Karena banyaknya jumlah pemain, maka ini akan sangat memudahkan dalam menyusun konsep display.

Komposisi alat memang perlu diperhatikan oleh masing-masing unit terutama tingkat junior yang berada didaerah-daerah. Dengan komposisi yang terlalu sedikit juga tidak baik untuk ditampilkan, karena dipastikan tidak menghasilkan kualitas suara yang bermutu.

Tetapi sebaliknya, dengan komposisi yang banyak, tetapi tidak sesuai dengan arransemen lagu, maka juga tidak menghasilkan yang maksimal untuk unit tersebut.

Sehingga dengan demikian, penentuan tentang komposisi alat ini harus diperhatikan secara betul, dengan konsep yang telah disusun sebelumnya.

Maka sebaiknya untuk menentukan komposisi ini, pihak sekolah harus berkonsultasi langsung dengan pelatih drumbandnya, dan menanyakan kira-kira kebutuhan alat apalagi yang harus dilengkapi untuk unit drumband anda.

Pelatih biasanya sudah mempunyai gambaran tentang konsep apa yang akan disampaikan kepada unitnya. Sehingga mereka sudah mengetahui kebutuhan alat apa saja yang diperlukan untuk melengkapi komposisi yang sudah ada ini.

Nah, bagaimana dengan unit anda? Apakah sudah memiliki komposisi yang lengkap?

Melengkapi seluruh kebutuhan alat-alat drumband, tidaklah bisa sekaligus, kecuali bila dananya memungkinkan. Tetapi kita bisa mulai menyusun perencanaan untuk melengkapi komposisi alat yang sudah ada dalam satu atau dua tahun kedepan.

Sehingga pada saatnya nanti, komposisi alat drumband di unit kita sudah benar-benar lengkap sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Sukses terus untuk drumband anda, tetap semangat, dan teruslah berlatih, tiada hari tanpa latihan db!

(https://drumbandciamisfestival.wordpress.com/2009/01/27/komposisi-ideal-drumband/)

Posted in

agungdru