Manfaat Bermain Drum untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Apakah kamu hobi bermain drum? Atau justru kamu adalah seorang drummer dalam sebuah band? Kita semua sepakat kalau bermain drum bisa membuat kita lebih keren dan menjadi kebanggaan tersendiri.

Tetapi, tidak hanya itu, sebab ada banyak manfaat bermain drum bagi kesehatan. Coba tebak, apa saja?

1. Bisa meningkatkan sistem imun

Menurut Barry Bittman, M.D, ahli saraf sekaligus founder HealthRhythms, dalam studinya mengatakan bahwa bermain drum baik untuk sistem kekebalan tubuh. Lewat sesi drum berkelompok, ditemukan bahwa bermain drum bisa mengatur kekebalan tubuh sekaligus memungkinkan proses penyembuhan, tuturnya di laman Lifehack.

Selain itu, bermain drum juga bisa menciptakan sel-sel pembunuh penyakit untuk melindungi tubuh. Sel natural killer akan menghancurkan sel kanker dan sel yang terinfeksi virus serta meningkatkan aktivitas melawan penyakit.

2. Melawan stres, depresi, dan kondisi neurologis

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dr. Barry Bittman, bermain drum bisa membuat seseorang menjadi rileks, membantu menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres. Berkurangnya stres berarti menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Studi lain menunjukkan bahwa bermain drum bisa meringankan kondisi neurologis yang serius. Hal ini ditegaskan oleh ahli neurologis, Oliver Sacks, dalam bukunya yang berjudul Musicophilia. Menurutnya, bermain drum memiliki potensi terapi yang besar untuk pasien dengan berbagai kondisi neurologis, ungkapnya di laman Lifehack.

3. Mengembangkan kemampuan intelektual

Yang menggembirakan, bermain drum dapat meningkatkan fungsi kognitif. Ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Stanford. Mereka meneliti efek 20 menit musik berirama pada anak-anak sekolah menengah dengan attention deficit disorder (ADD), dilansir dari laman Lifehack.

Hasilnya, terjadi peningkatan skor IQ dan peningkatan konsentrasi pada anak-anak tersebut. Menurut Howard Russell, psikolog klinis yang terlibat dalam penelitian ini, musik bisa mempercepat aktivitas gelombang otak dan mengembangkan kemampuan intelektual.

4. Untuk kebugaran dan bisa membakar kalori


Dibandingkan dengan bermain piano atau gitar, kita mengeluarkan tenaga lebih banyak saat bermain drum. Ini berkat gerakan konstan tubuh bagian atas dan bawah yang menghasilkan pembakaran kalori yang stabil, ungkap laman Live Strong.

(https://www.idntimes.com/health/fitness/nena-zakiah-1/manfaat-bermain-drum-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental?page=all)

Posted in

agungdru